KONSEP DAN PENGERTIAN EKONOMI

KONSEP EKONOMI MANAJERIAL



Ekonomi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat. Kata ekonomi merupakan
masalah kehidupa dan menjadi pembicaraan sehari-hari di masyarakat. Hampir setiap saat di media masa memberikan berbagai hal mengenai ekonomi. Hal ini menggambarkan bahwa kualitas kehidupan masyarakat sangat dipengaruhi oleh kegiatan atau fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat tersebut.
Mempelajari ekonomi manajerial pada hakikatnya adaah mempelajari perilaku masyarakat dalam kehiduan sehari-hari. Perilaku masyarakat diarahkan dan dimotivasi oleh nilai-nilai (value) yang ada di masyarakat. Seperti pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumsi di masyarakat dipengaruhi oleh hukum ekonomi. Semua konsumen secara umum cenderung membeli yang termurah dengan kualitas terbaik, yang dikenal dengan istilah perilaku konsumen. Begitu juga dengan produsen, semua cenderung mencari laba sebesar mungkin dan selama mungkin, sehingga dia akan berproduksi pada tingkat laba maksimum, yang dikenal dengan istilah prilaku produsen. Begitu juga dengan perilaku pasar, yang secara alamiah akan menuju keseimbangan antara penawaran dan permintaan. Bila penawaran tetap, sementara permintaan berubah, maka harga akan berubah, begitu juga sebaliknya. Semua perilaku ekonomi masyarakat ini tunduk pada mekanisme pasar.
Berbagai tataran nilai kehidupan yang berlaku di maysarakat, biasanya termuat dalam aturan organisasi dan lingkungan masyarakat setempat. Aturan organisasi ini bisa dalam bentuk tetulis maupun tidak tertulis. Perilaku manusia, normalnya akan dikendalikan atau merujuk kepada dua hal tersebut.
Sehubungan dengan hal diatas, maka wawasan mengenai ekonomi manajerial sangat erlu dimiliki oleh para pengambil keputusan, baik di sektor publik, yaitu para penyelenggara negara baik pusat maupun di daerah. Hal yang sama juga perlu dikuasai oleh para pengambil keputusan di sektor swasta, khususnya para pelaku bisnis. Dengan dimilikinya wawasan mengenai ekonomi manajerial diaharapkan para pengambil keputusan di sektor publik dapat dengan lebih mudah membaca perubahan feomena ekonomi serta menggunakannya untuk mendorong dan mengarahkan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik lagi guna mewujudkan kesejahteraan bersama.


Henry Faizal Noor; “Ekonomi Manajerial”
Share:

0 comments:

Posting Komentar

PENGUNJUNG