FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MODEL BISNIS BARU

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MODEL BISNIS BARU




FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MODEL BISNIS BARU

Sejak tahun 1960 hingga 2020-2030 akan banyak terjadi perubahan yang bakal mewarnai kehidupan bisnis.
Yang menjadi pertanyaan apa kiranya yang bakal mempengaruhi model bisnis baru?

1. Investasi
Yang dimaksud investasi disini adalah investasi portofolio. Diera model bisnis baru, investasi menjadi menu kehidupan yang tida bisa diabaikan. Kehebatan pasar unag dan pasar modal yang melanda di beberapa negara terutama Indonesia menjadikan investasi portovolio ini menjadi poin penting dalam kehidupan bisnis. Ada dua faktor yang berkembang dalam pola investasi protofolio dalam mempengaruhi model bisnis. Yang pertama investasi portofolio menjadi pekerjaan banyak orang. Bahkan jumlah orang yang memilih pekerjaan ini semakin bertambah dengan cepat. Ini disebabkan fasilitas yang disediakan oleh perkembangan teknologi cukup banyak. Seorang investor portofolio di pasar uang, pasar modal, atau psar komoditas, sekarang tak perlu meninggalkan rumah untuk berinvestasi. Mereka dapat berhubungan langsung dengan bursa atau pialang melalui komputer pribadi, dari adn dimana saja. Bahkan teknologi ini juga menunjang faktor kedua yaitu investasi yang tak terbatas di bursa finansial di negeri sendiri, tapi dapat dilakukan di bursa di manapun yang dikehendaki.

2. Industri
Strategi industri masa depan tidak lagi didasarkan atas alasan negara (rasa nasionalisme). Sperti Coca Cola, sekalipun secara ideologi Cina, Rusia & Iran bertentangan dengan AS, namun Coca Cola tetap memasuki pasar cina, Rusia, & iran. Dasar dari strategi ini adalah melayani keinginan dan kebutuhan pasar. Kemudian dari sisi produksi juga tidak lagi dikenal identitas negara. Meskipun coca cola ini asli buatan AS, belum tentu akan mencantumkan “made in USA”. Sebab tak lagi murni buatan AS. Bisa jadi coke tetap dibuat di AS, namun botol dan label bisa dibuat di Tailand dan di Indonesia.

3. Informasi
Akibat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, model bisnis baru akan dipengaruhi banyaknya informasi dan kemudahan mengaksesnya. Banyakya informasi disebabkan peningkatan pekerja di sektor ini. Kemudahan mengakses disebabkan makin canggihnya perangkat lunak dan kian meurahnya perangkat keras teknologi komunikasi dan informasi. Kata kuncinya adalah aktif memanfaatkan informasi.

4. Individu
Yang dimaksud disini adalah individu/konsumen yang melek informasi dan karenanya lebih kritis terhadap produk perusahaan maupun jasa pemerintah. Mereka tak peduli lagi apakah suatu produk buatan AS, Jepang, Cina atau dalam negeri, kalau murah dan berkualitas maka dibeli. Kunci untuk menghadapi perubahan individu ini adalah memberikan harga murah dan kualitas terbaik


Sawidji Widioatmodjo; “New Business Model”
Share:

0 comments:

Posting Komentar

PENGUNJUNG