FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
MODEL BISNIS BARU
FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI MODEL BISNIS BARU
Sejak tahun 1960 hingga 2020-2030 akan banyak terjadi perubahan
yang bakal mewarnai kehidupan bisnis.
Yang menjadi pertanyaan apa kiranya yang bakal mempengaruhi model bisnis baru?
Yang menjadi pertanyaan apa kiranya yang bakal mempengaruhi model bisnis baru?
1. Investasi
Yang dimaksud investasi disini adalah investasi portofolio. Diera
model bisnis baru, investasi menjadi menu kehidupan yang tida bisa diabaikan.
Kehebatan pasar unag dan pasar modal yang melanda di beberapa negara terutama
Indonesia menjadikan investasi portovolio ini menjadi poin penting dalam
kehidupan bisnis. Ada dua faktor yang berkembang dalam pola investasi
protofolio dalam mempengaruhi model bisnis. Yang pertama investasi portofolio
menjadi pekerjaan banyak orang. Bahkan jumlah orang yang memilih pekerjaan ini
semakin bertambah dengan cepat. Ini disebabkan fasilitas yang disediakan oleh
perkembangan teknologi cukup banyak. Seorang investor portofolio di pasar uang,
pasar modal, atau psar komoditas, sekarang tak perlu meninggalkan rumah untuk
berinvestasi. Mereka dapat berhubungan langsung dengan bursa atau pialang
melalui komputer pribadi, dari adn dimana saja. Bahkan teknologi ini juga
menunjang faktor kedua yaitu investasi yang tak terbatas di bursa finansial di
negeri sendiri, tapi dapat dilakukan di bursa di manapun yang dikehendaki.
2. Industri
Strategi industri masa depan tidak lagi didasarkan atas alasan
negara (rasa nasionalisme). Sperti Coca Cola, sekalipun secara ideologi Cina,
Rusia & Iran bertentangan dengan AS, namun Coca Cola tetap memasuki pasar
cina, Rusia, & iran. Dasar dari strategi ini adalah melayani keinginan dan
kebutuhan pasar. Kemudian dari sisi produksi juga tidak lagi dikenal identitas
negara. Meskipun coca cola ini asli buatan AS, belum tentu akan mencantumkan
“made in USA”. Sebab tak lagi murni buatan AS. Bisa jadi coke tetap dibuat di
AS, namun botol dan label bisa dibuat di Tailand dan di Indonesia.
3. Informasi
Akibat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi,
model bisnis baru akan dipengaruhi banyaknya informasi dan kemudahan
mengaksesnya. Banyakya informasi disebabkan peningkatan pekerja di sektor ini.
Kemudahan mengakses disebabkan makin canggihnya perangkat lunak dan kian
meurahnya perangkat keras teknologi komunikasi dan informasi. Kata kuncinya
adalah aktif memanfaatkan informasi.
4. Individu
Yang dimaksud disini adalah individu/konsumen yang melek
informasi dan karenanya lebih kritis terhadap produk perusahaan maupun jasa
pemerintah. Mereka tak peduli lagi apakah suatu produk buatan AS, Jepang, Cina
atau dalam negeri, kalau murah dan berkualitas maka dibeli. Kunci untuk
menghadapi perubahan individu ini adalah memberikan harga murah dan kualitas
terbaik
Sawidji
Widioatmodjo; “New Business Model”
0 comments:
Posting Komentar