MENGHITUNG USIA




MENGHITUNG USIA DALAM HARI DAN MENAMPILKANNYA DALAM TEKS

Pada kesempatan ini akan mencoba untuk menghitung usia seseorang dengan menghitung jumlah hari dari tanggal lahirnya sampai hari ini.
Kemudian, membagi jumlah hari tersebut menjadi tahun, bulan, dan hari sehingga dapat diketahui usia seseorang tersebut dalam bulan, tahun dan hari yang keseluruhannya digabung dalam bentuk sebuah teks. Beberapa asumsi yang dibuat disini adalah sebagai berikut:
·        1 tahun dihitung 365,25 hari karena bila dihitung 1 tahun adalah 360 hari dan 4 tahun sekali adalah tahun kabisat yang jumlah harinya 366 hari.
·          1 bulan dihitung 30,5 hari

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa:
·           Fungsi MOD digunakan untuk menghitung sisa dari sebuah pembagian
·           Fungsi INT digunakan untuk membulatkan angka ke bilangan buat terkecil
·           Tanda ampersand (&) digunakan untuk menggabungkan teks

Langkah:
1.      Buka lembar kerja baru di Excel
2.      Atur lembar kerja seperti berikut ini:



3.      Format kolom Tgl. Lahir dengan format data “Date”, Indonesia dengan cara:
Sortir range C3:C12, kemudian klik kanan pada area yang disortir, pilih “format cells”. Setelah muncul tampilan “format cells”. Pilih “Date” pada kategori dan “14 Maret 2001” pada Type dan “Indonesia” pada location. Kilk Ok




4.     Format kolom usia (hari) dengan format “Number” dengan cara seperti no. 3
5.  Pada sel D3 masukan rumus =TODAY()-C3. Rumus tersebut akan mengurangi tanggal hari ini dengan tanggal lahir yang terdapat di sel C3.
6.    Pada sel E3 masukan rumus =INT(D3/365,25). Rumus ini membagi jumlah hari yang ada di sel D3 dengan 365,25 hari dan fungsi INT akan membulatkan ke bilangan bulat terkecil.
7.   Pada sel F3 yaitu menghitung sisa hari dari pembagian usia (hari) oleh 365,25 masukan rumus =MOD(D3;365,25)
8.  Menghitung bulan, sisa hari dibagi 30,5, pada sel G3 masukan rumus =INT(F3/30,5), fungsi INT ditambahkan agra hasil yang dikembalikan adalah bilangan bulat
9.   Di kolom hari sel H3, untuk menghitung sisa hari setelah pembagian bulan masukan rumus =INT(MOD(F3;30,5)), fungsi INT ditambahkan agar hasil yang dikembalikan adalah bilangan bulat.
10. Untuk menghubungakan hasil perhitungan tahun, bulan, dan hari pada sel I3, tambahkan rumus berikut =E3&" Tahun " &G3& " Bulan " & H3& " Hari". Perhatikan tanda spasi antara tanda kutip (“), tahun, bulan, dan hari
11.  Drag semua rumus ke sel lain di bawahnya.




Share:

0 comments:

Posting Komentar

PENGUNJUNG