MENGHITUNG KREDIT MOTOR




MENGHITUNG KREDIT MOTOR

Ada banyak barang yang dapat ditawarkan dan dapat dibeli secara kredit, seperti rumah, mobil, motor,
hingga peralatan rumah tangga lainnya. Penjualan sepeda motor merupakan penjualan yang meningkat dengan pesat karena pembelian secara kredit dan hampir di setiap dareah konsumen membutuhkan kendaraan tersebut. Dengan sedikit syarat dan uang muka yang terjangkau serta cicilan per bulan yang ringan maka jika dihitung dengan biaya ongkos kendaraan umum akan terasa lebih murah. Sehingga banyak masyarakat yang berminat untuk membeli motor secara kredit. Pada latihan ini akan menghitung cicilan mpotor dengan berbagai tenor (waktu bayar) dan uang muka yang berbeda-beda untuk beberapa jenis motor.

Pada latihan ini akan ditunjukan cara mengjitung cicilan motor untuk sepeda motor Honda Vario dengan harga jual Rp. 14.850.000,
Bunga kredit 14% per tahun
Jangka waktu kredit 24, 36, 48, dan 60 bulan.

Langkah:
1.    Format semua lembar kerja excel dengan cara memilih memilih semua lembar kerja, kemudian klik kanan di lembar kerja. Pada tampilan “Format Cells”



2.       Pada bagian category pilih Number, Decimal places 0, beri randa ceklist pada kotak Use 1000 separator, kemudian pilih bilangan negatif ditampilkan di bagian negative numbers.

3.       Masukan data-data dilembar kerja excel seperti berikut ini.




4.       Pada sel D4, tambahkan rumus: =PMT(14%/12;D$3;($B$4-$C4)).
Tanda $ pada D$3 digunakan agar sel acuan tidak berubah sat rumus di copy dalam arah vertikal, tetapi berubah pada arah horisontal. Tanda $ pada $B$4digunakan agar sel acuan tidak berubah ketika dicopy dalam arah vertikal dan horisontal. Sedangkan tanda $ pada $C4 agar sel acuan berubah ketika rumus dicopy ke arah vertikal, tetapi tidak berubah ketika dicopy pada arah horisontal.

5.    Copy rumus tersebut dalam arah vertikal dan horisontal, maka hsilnya akan seperti berikut ini:




6.    Jika ingin menghilangkan tanda negatif pada jangka waktu kredit, maka tambahkan fungsi ABS pada rumus:

=PMT(14%/12;D$3;($B$4-$C4))

menjadi:

=ABS(PMT(14%/12;D$3;($B$4-$C4)))

kemudian copykan ke sel yang lain.









Share:

0 comments:

Posting Komentar

PENGUNJUNG