PENGANGGARAN

PENGANGGARAN PERUSHAAN



Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan dan pemahaman penganggaran perusahaan

dalam sebuah perusahaan begitu mutlak diperlukan, terutama untuk menentukan kebijakan atau keputusan secara konstruktif dalam menetapkan biaya-biaya yang digunakan dalam suatu perusahaan agar tujuan utama dari aktivitas perusahaan yaitu mencapai laba maksimal dapat tercapai.

Selain sebagai alat perencanaan anggaran perusahaan juga berfungsi sebagai alat pengendali manajemen. Dimana anggaran perusahaan akan berguna untuk memastikan bahwa seluruh aktivitas yang dilakukan perusahaan telah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan di awal periode. Tanpa adanya penyusunan anggaran perusahaan yang baik dan terstruktur, maka aktivitas perusahaan akan kehilangan arah yang jelas.

Oleh karena itulah bagi setiap perencana dan pengendali manajemen perusahaan perlu memahami konsep dan menguasai teknik penyusunan anggaran. Bahkan bukan hanya untuk mahasiswa saja yang perlu memahaminya, namun dari kalangan praktisi bisnis pun perlu mempelajari konsep dan tekniknya, meskipun dalam realita dunia usaha banyak faktor-faktor lain yang tentu saja sangat mempengaruhi teknis penyusunannya.

Dalam simulasi teknis penyusunannya penulis menggunakan obyek perusahaan manufaktur. Karena dalam perusahaan manufaktur memiliki konsep biaya yang lebih luas dan kompleks dibandingkan perusahaan jasa dan perusahaan dagang.

Tentu saja dalam postingan ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan dalam pembahasannya, oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat penulis harapkan untuk evaluasi selanjutnya.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

PENGUNJUNG