AKUNTANSI BIAYA & PENGERTIAN BIAYA


AKUNTANSI BIAYA & PENGERTIAN BIAYA




I.          PENGERTIAN
Akuntansi Biaya merupakan salah satu bagian dari bidang akuntansi meliputi kegiatan proses pencatatan dan monitoring seluruh aktifitas biaya dan menyajikan informasi tersebut dalam suatu laporan. Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas untuk memperoleh keuntungan atau laba tidak bisa terlepas dari biaya.
Hal utama yang perlu diantisipasi serta direncanakan dengan baik yaitu dengan melakukan efisiensi terhadap seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan pengendalian anggaran yang telah direncanakan. Berikut ini merupakan pengertian dari beberapa para ahli mengenai akuntansi biaya.
1.    R. A. Supriyono,  Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.
2.  Mulyadi, Akuntansi Biaya ialah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.
3.   Abdul Halim, Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi atau dijual di pasar baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual.
4.  Schaum, Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari  biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi  biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan
5.   Carter dan Usry, Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan  pengendalian, perbaikkan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

II.     Fungsi Akuntansi Biaya 
Secara umum, akuntansi biaya memiliki lima fungsi utama. Fungsi-fungsi akuntansi biaya tersebut terangkum dalam poin-poin berikut:
1.        Melakukan perhitungan dan pelaporan biaya (harga) pokok suatu produk
2.        Memperinci biaya (harga) pokok produk pada segenap unsurnya
3.        Memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban
4.        Memberikan data bagi proses penyusunan anggaran
5.    Memberikan informasi biaya bagi manajemen guna dipakai di dalam pengendalian manajemen

Melihat pentingnya fungsi dari akuntansi biaya diatas, maka akuntansi biaya tentunya menjadi pengetahuan yang harus dikuasai oleh pihak manajemen. Mengingat tugas manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya. Informasi biaya tersebut nantinya akan disajikan dalam bentuk laporan biaya. Manfaat akuntansi biaya itu sendiri adalah sebagai perencanaan mengenai biaya yang akan dikeluarkan perusahaan dalam hubungannya dengan perencanaan dan pengendalian laba, penentuan harga pokok produk, serta bagi pengambilan keputusan oleh manajemen. Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian dan fungsi akuntansi biaya. Hubungi Klinik Akuntansi kapan saja untuk solusi persoalan keuangan Anda.

III.     AKUNTANSI MANAJEMEN & AKUNTANSI KEUANGAN
Akuntansi secara garis besar dapat dibagi menjadi dua tipe yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi biaya bukan akuntansi tersendiri yang terpisah dari dua tipe akuntansi tersebut, namun merupakan bagian dari keduanya.
Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memiliki kesamaan. Persamaan yang pertama keduanya merupakan sistem pengolah informasi yang menghasilkan informasi keuangan. Meskipun informasi nonkeuangan merupakan informasi penting yang digunakan oleh manajemen dalam perusahaan, namun hampir seluruh informasi nonkeuangan tersebut berada di dalam ruang lingkup akuntansi. Kesamaan lainnya dari kedua tipe akuntansi tersebut berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan yang bermanfaat bagi seseorang untuk pengambilan keputusan. Karena pengambil berbagai keputusan melakukan berbagai macam alternatif keputusan yang berbeda, maka informasi keuangan yang diperlukan pun berbeda pula, sehingga diperlukan tipe akuntansi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengambil keputusan.
Perbedaan pokok antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terletak pada
1.     Pemakai laporan akuntansi dan tujuan
Akuntansi keuangan terutama ditujukan untuk menyajikan informasi keuangan bagi pemakai di luar perusahaan, seperti krediur, pemasok, pemegang saham, pemerintah dan sebagainya.  Tujuan pemakai luar dalam mendapatkan laporan keuangan perusahaan adalah agar mereka dapat mengambil keputusan mengenai hubungan mereka dengan perusahaan yang bersangkutan. Sebagai contoh adalah seorang pemegang saham menghadapi dua alternatif apakah ia akan membeli saham dalam perusahaan tertentu atau dalam perusahaan lain. Seorang kreditur mungkin ingin memutuskan apakah ia akan memperluas kreditnya kepada perusahaan tertentu, menetapkan syarat-syarat pemberian kredit, serta merundingkan pasal-pasal khusus dalam perjanjian kredit. Instansi pemerintah memerlukan laba yang diperoleh suatu erusahaan untuk menetapkan jumlah pajak penghasilan yang menjadi kewajiban perusahaan. Dari contoh-contoh tersebut di atas, informasi keuangan perusahaan diperlukan oleh pihak luar sebagai petunjuk untuk menetapkan hubungan apa yang akan dilaksanakan oleh pamakai laporan keuangan tersebut dengan perusahaan. Mereka tidak mengambil keputusan mengenai perusahaan itu sendiri, melainkan mengenai jenis dan sifat hubungan antara pemakai luar dengan perusahaan. Akuntansi manajemen ditujukan untuk menyediakan informasi keuangan bagi keperluan manajemen.
Akuntansi manajemen berhubungan dengan informasi mengenai perusahaan untuk memberikan manfaat bagi mereka yang berada dalam perusahaan. Sebagai contoh, seorang manajer pemasaran ingin memutuskan apakah ia akan menerima pesanan dari pelanggan barunya yang menginginkan harga di bawah harga yang telah ditetapkan, namun menghendaki volume barang dalam jumlah besar. Manajer tersebut membutuhkan informasi mengenai biaya pembuatan produk yang dipesan tersebut dan perhitungan mengenai laba yang akan dihasilkan produk tersebut jika pesanan tersebut diterima. Manajer produksi memerlukan informasi biaya produksi untuk menetapkan tindakan-tindakan yang harus diambil dalam mendorong efisiensi produksi.
Dari contoh-contoh tersebut dapat diketahui bahwa tujuan pemakai laporan dari dalam perusahaan adalah untuk membuat keputusan mengenai perusahaan atau bagiannya. Informasi akuntansi merupakan masukan yang penting bagi manajer dalam mengelola kegiatan-kegiatan perusahaan, para manajer berkepentingan untuk menetapkan dan menilai tindakan-tindakan mereka dalam perusahaan.
2.        Lingkup Informasi
Akuntansi keuangan pada umumnya menyajikan informasi mengenai perusahaan secara keseluruhan. Neraca perusahaan menyajikan semua aktiva, utang, dan modal perusahaan sebagai keseluruhan, sedangkan laporan laba-rugi menyajikan hasil kegiatan perusahaan sebagai keseluruhan pula. Lingkup yang luas yang dicakup oleh laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan adalah ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai laporan di luar perusahaan.
Manajemen suatu  perusahaan dapat mengambil keputusan hanya mengenai bagian tertentu perusahaan. Sebagai contoh adalah keputusan yang diambil oleh Direktur Produksi berhubungan dengan penghentian produksi oroduk tertentu atau penghentian penggunaan mesin tertentu. Oleh karena itu akuntansi manajemen harus dapat menyediakan informasi keuangan yang relevan dengan bagian-bagian perusahaan. Tentu saja akuntansi manajemen dapat pula menyediakan informasi mengenai perusahaan  secara keseluruhan, namun lingkup informasi akuntansi manajemen adalah terutama pada bagian-bagian perusahaan. Lingkup informasi ini dalah sejalan dengan keputusan-keputusan manajemen pada suatu saat yang umumnya hanya terbatas pada suatu bagian perusahaan. Keputusan manajemen yang menyangkut perusahaan secara keseluruhan umumnya jarang terjadi
3.      Fokus Informasi
Ditinjau dari waktu, fokus informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan adalah masa lalu. Akuntansi keuangan berorientasi pada masa lalu untuk menggambarkan pertanggungjawaban dana yang dipercayakan oleh pihak luar kepada manajemen perusahaan.
Akuntansi manajemen berorientasi pada masa yang akan datang, karena pengambilan keputusan selalu menyangkut masa yang akan datang, bukan masa yang telah lewat. Tidak seorang pun dapat mengubah apa yang telah terjasi di masa lalu, sehingga tidak seorang pun dapat mengambil keputusan mengenai apa yang telah terjadi. Pengambilan keputusan pada dasarnya merupakan pemilihan alternatif tindakan yang akan dilakukan di masa yang akan datang.
4.      Rentang Waktu
Ditinjau dari rentang waktuyang dicakup oleh laporan yang dihasilkan, akuntansi keuangan mencakup jangka waktu yang sudah tentu, biasanya satu tahun, setengah tahun, satu kuartal, atau satu bulan. Periode waktu yang dicakup oleh laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan biasanya kurang fleksibel. Sekali ditetapkan bahwa neraca dan laporan laba rugi akan diterbitkan setiap setengah tahun, jangka waktu ini jarang sekali mengalami perubahan.di lain pihak, rentang waktu yang dicakup oleh laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen adalah sangat bervariasi, dari harian, mingguan, sampai bulanan, bahkan ada yang mencakup 10 tahun.
5.      Kriteria Bagi Informasi Akuntansi
Kriteria yang dominan untuk menilai informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan adalah prinsip-primsip akuntansi yang lazim. Prinsip-prinsip tersebut dibuat oleh organisasi yang berwenang, misalnya Ikatan Akuntan Indonesia dan Baan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam), atau sebagai hasil dari pemakaian suatu prinsip dalam praktik yang telah lama berlaku.
Penggunaan prinsip akuntansi yang lazim dalam penyusunan laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan merupakan akibat tuntutan kebutuhan pihak luar perusahaan. Untuk menentukan hubungan antara pemakai luar dengan perusahaan, mereka perlu menganalisis laporan keuangan yang dihasilkan berbagai perusahaan. Agar mereka dapat memperbandingkan berbagai laporan keuangan dari berbagai perusahaan tersebut, maka mereka memerlukan jaminan bahwa laporan keuangan berbagia perusahaan tersebut telah disusun berdasarkan prinsip akuntansi yang lazim.
Akuntansi manajemen menghasilkan informasi yang diperlukan oleh manajemen. Oleh karena itu, akuntansi ini tidak dibatasi oleh prinsip-prinsip akuntansi yang lazim. Kriteria pokok bagi informasi akuntansi manajemen adalah manfaat bagi manajemen. Jika suatu informasi atau suatu prinsip pengukuran tertentu ternyata bermanfaat untuk tujuan tertentu manajemen, maka prinsip atau ukuran tersebut dipakai dalam akuntansi manajemen. Oleh karena itu, perkembangan praktik akuntansi manajemen lebih didasarkan atas logika dan pengalaman, dan bukan atas dasar diterima tidaknya secara umum di masayarakat. Tentu saja tidak berarti bahwa prinsip akuntansi yang lazim yang diikuti oleh akuntansi keuangan tidak logis dan tidak merupakan hasil dari pengalaman. Dalam akuntansi manajemen, praktik-praktik yang telah terbukti bermanfaat di satu perusahaan diharapkan akan menyebar dan diterima secara luas. Namun demikian kriteria pokok yang digunakan dalam akuntansi manajemen adalah efektif tidaknya suatu prinsip atau metode bagi manajemen perusahaan secara individual. Tidak ada organisasi yang berwenang yang mengatur sanksi bagi mereka yang menolak untuk menggunakan praktik-prakrik akuntansi manajemen.
6.     Disiplin Sumber
Akuntansi merupakan ilmu terapan. Sebagai ilmu terapan, akuntansi mendasarkan diri pada prinsip dan konsep yang dikembangkan dalam suatu ilmu dasar atau disiplin. Akuntansi keuangan hanya bersumber pada satu disiplin, sedangkan akuntansi manajemen memiliki dua disiplin sumber.
Akuntansi keuangan dan bagian dari akuntansi manajemen mendasarkan diri pada ilmu ekonomi yang mengatur prinsip-prinsip yang membimbing pengambil keputusan dalam menggunakan sumber-sumber yang langka. Bagian lain akuntansi manajemen mendasarkan diri pada psikologi sosial, yang berhubngan dengan prinsip-prinsip yang membimbing perilaku manusia dalam organisasi. Dua disiplin tersebut, yaitu ilmu ekonomi dan psikologi sosial adalah berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan ini menimbulkan masalah dalam memahami prinsip-prinsip akuntansi  manajemen yang diciptakan dari kedua disiplin sumber tersebut. sebagai contoh adalah pengambilan keputusan pembelian aktiva tetap baru. Dalam mempertimbangkan apakah perusahaan akan membeli atau tidak aktiva tersebut, prinsip-prinsip ilmu ekonomi adalah yang dipakai sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Namun, jika aktiva tersebut telah dibeli, prinsip-prinsip psikologi sosiallah yang digunakan dalam penyusunan anggaran pusat pertanggungjawaban yang menggunakan aktiva tetap yang baru tersebut.

7.     Isi Laporan
Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan periodik yang umumnya terdiri dari neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan laba yang ditahan, dan laporan perubahan posisi keuangan. laporan ini berisi informasi ringkas posisi keuangan pada periode tertentu. Karena laporan tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pihak luar, maka informasi yang disajikan di dalamnya bersifat ringkas dan mengenai perusahaan sebagai keseluruhan.
Akuntansi manajemen yang menghasilkan laporan keuangan untuk manajemen dari berbagai jenjang organisasi umumnya menyajikan informasi rinci dan mengenai bagian tertentu perusahaan.
8.      Sifat Informasi
Informasi yang disajikan kepada pihak luar memerlukan ketepatan yang tinggi, karena umumnya menyangkut masa yang telah lau. Ketidaktepatan informasi untuk pihak luarakan menyebabkan berkurangnya kepercayaan pihak luar terhadap laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.
Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen digunakan untuk pengambilan keputusan oleh para manajer. Pengambilan keputusan selalu menyangkut masa yang akan datang, oleh karena itu informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan adalah informasi masa yang akan datang. Informasi ini berisi unsur taksiran yang besar.

Perbedaan pokok antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen terletak pada :

Akuntansi Keuangan
Akuntansi Manajemen
Pemakai Utama
Para manajer puncak dan pihak luar perusahaan
Para manajer dari berbagai jenjang organisasi
Lingkup informasi
Perusahaan secara keseluruhan
Bagian perusahaan
Fokus informasi
Berorientasi pada masa yang lalu
Beroorientasi masa yang akan datang
Rentang waktu
Kurang fleksibel. Biasanya mencakup jangka waktu kuartalan, tengah tahunan, tahuan
Fleksibel, bervariasi dari harian , mingguan, bulanan, bahkan dapat mencakup periode sepuluh tahun
Kriteria bagi Infomasi
Dibatasi oleh prinsip akuntasi berterima umum atau yang lazim. Sesuai yang dibuat Ikatan Akuntansi Indonesia dan Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam)
Tidak ada batasan , kecuali manfaat yang dapat diperoleh oleh manajemen dari informasi dibandingkan dengan pengorbanan untuk memperoleh informasi tersebut.
Disiplin sumber
Ilmu Ekonomi : yang mengatur prinsip-prinsip yang membimbing pengambil keputusan dalam menggunakan sumber-sumber yang langka
Ilmu ekonomi dan psikologi social yang membimbing perilaku manusia dalam organisasi
Isi laporan
Laporan berupa ringkasan mengenai perusahaan sebagai keseluruhan
Laporan bersifat rinci mengenai bagian dari perusahaan
Sifat informasi
Ketepatan informasi merupakan hal yang penting
Unsur taksiran dalam informasi adalah besar

Informasi adalah data, fakta atau persepsi yang telah diolah dalam suatu system sehingga bermanfaat (mempunyai nilai) bagi pemakainya. Informasi secara garis besar dibagi dua yaitu informasi kuantitatif dan informasi non kuantitatif. Informasi akuntansi merupakan salah satu bagian dari informasin kuantitatif yang bersifat keuangan. Informasi tersebut umumnya dibutuhkan oleh suatu organisasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Pemakai informasi :
  1. Pihak internal organisasi
  2. Pihak eksternal organisasi

Contoh penggunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai informasi :
Pemakai informasi
Penggunaan Informasi Akuntansi
Manajemen
Penyusunan anggaran
Investor
Perubahan atau penarikan modal
Kreditur
Perpanjangan kontrak kredit
Pemerintah (misal : Direktorat Jendral Pajak)
Pembuktian kebenaran penghitungan dan pembayaran pajak
Calon Investor
Keputusan investasi modal
Calon Kreditur
Persetujuan pemberian kredit

IV.   AKUNTANSI BIAYA BAGIAN DARI AKUNTANSI MANAJEMEN & AKUNTANSI KEUANGAN
Akuntansi biaya adalah proses manajemen, penggolongan, peringkasan, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk barang dan jasa, dengan cara-cara tertentum serta penafsiran terhadapnya. Yang menjadi objek dari akuntansi biaya ini adalah biaya.
Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian serta penafsiran informasi biaya adalah tergantung untuk siapa proses tersebut ditujukan. Pross akuntansi biaya dapat ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai luar perusahaan. Maka proses akuntansi biaya ini harus memperhatikan karakteristik akuntansi keuangan. Dengan demikian akuntansi biaya merupakan bagian dari akuntansi keuangan
Proses akuntansi biaya juga dapat ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai internal perusahaan. Dalam hal ini akuntansi biaya harus memperhatikan karakteristik akuntansi menajemen. Dengan demikian akuntansi biaya merupakan bagian dari akuntansi manajemen

Tujuan Akuntansi Biaya :
Akuntansi biaya mempunyai tiga tujuan pokok yaitu:
1.        Penentuan Harga Pokok produk atau Jasa
Harga pokok produk atau jasa merupakan akumulasi dari biaya-biaya yang dibebankan pada produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam penentuan harga pokok produk atau jasa, akuntansi biaya merupakan bagian dari akuntansi keuangan. Penentuan harga pokok produk atau jasa digunakan untuk penghitungan laba atau rugi perusahaan yang dilaporkan kepada pihak eksternal perusahaan.
Informasi mengenai harga pokok produk atau jasa menjadi dasar bagi manajemen dalam perngambilan keputusan harga jual produk atau jasa yang bersangkutan. Oleh karena itu , akuntansi biaya dalam hal ini merupakan bagian dari akuntansi manajemen.

2.        Pengendalian Biaya.
Perencanaan biaya berkaitan dengan pengambilan keputusan manajemen mengenai penggunaan sumber-sumber ekonomik pada masa yang akan datang. Akuntansi Biaya menyajikan informasi biaya yang mencakup biaya masa lalu dan biaya ang akan datang. Informasi yang dihasilkan akuntansi biaya menjadi dasar bagi manajemen untuk menyusun perencanaan biaya.
Pengendalian biaya pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi secara terus menerus, serta komparasi antara realisasi dengan anggaran biaya. Akuntansi Biaya menyajikan informasi mengenai rencana dan realisasi biaya dengan penekanan pada selisih (penyimpangan) realisasi biaya dari rencana yang telah ditentukan.
3.        Pengambilan Keputusan Khusus
Pengambilan keputusan kuhusus menyangkut masa yang akan datang. Oleh akrena itu informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan khusus selalu berhubungan dengan informasi masa yang akan datang. Akuntansi biaya menyajikan biaya masa yang akan datang dan mengembangkan konsep informasi biaya untuk pengambilan keputusan seperti: biaya kesempatan, biaya hipotesis, biaya tambahan, biaya terhindarkan, dan pendapatan yang hilang.

V.         BIAYA
Biaya secara umum adalah pengeluaran sejumlah uang atau yang dapat dinilai dengan sejumlah uang yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan
Biaya dapat memiliki dua penilaian yaitu :
1.    Biaya dalam arti sempit : diartikan sebagai pengeluaran sumber ekonomi dengan tujuan mendapatkan aktiva
2.    Biaya dalam arti luas : diartikan merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang dapat diukur dalam nilai satuan uang baik yang telah terjadi maupun yang akan terjadi
Pengklasifikasian atau penggolongan biaya merupakan suatu proses mengelompokkan dengan sistematis atas seluruh elemen yang ada menjadi kelompok kelompok tertentu agar lebih ringkas supaya bisa menyajikan informasi yang lebih rinci. Ada 4 unsur pokok dalam definisi biaya tersebut
1.        Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
2.        Diukur dalam satuan uang
3.        Yang telah terjadi atau yang secara potensial akan terjadi
4.        Pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu

Contoh: Perusahaan percetakan mencetak buku berjudul “Akuntansi Biaya”. Untuk itu perusahaan memakai 1.000 rim kertas HVS 80 gram dengan harga Rp. 2.000 per rim, sehingga total harga kertas untuk mencetak buku Rp. 2.000.000.
Ø  Kertas 1.000 rim yg dipakai merupakan pengoranan sumber ekonomi, karena untuk mendapatkan kertas tersebut perusahaan butuh pengorbanan
Ø  Pengorbanan tersebut diukur dalam satuan uang. Jmlh kerta s 1.00 rim, harga per rim Rp. 2.000, maka biaya pembuatan buku Rp. 2.000 x Rp. 1.000 = Rp. 2.000.000
Ø  Pengorbanan sumber ekonomi tersebut telah terjadi
Ø  Pengorbanan sumber ekonomi bertujuan untuk mencetak buku “Akuntasi Biaya”

VI.        PENTINGNYA INFORMASI BIAYA
Dalam memproses masukan hingga menghasilkan keluaran, manajemen selalu berupaya agar nilai keluaran yang dihasilkan lebih tinggi dari nilai masukan yang dikorbankan untuk menghasilkan laba (untuk perusahaan yang berorientasi profit) atau sisa hasil usaha (untuk perusahaan yang berorientasi non profit). Dengan laba atau sisa hasil usaha tersebut, perusahaan akan memiliki kemampuan untuk berkembang dan tetap mampu mempertahankan keberadaanya sebagai suatu sistem di masa yang akan datang. Dengan demikian untuk menjamin bahwa suatu kegiatan usaha mampu menghasilkan nilai keluaran yang lebih tinggi daripada nilai masukan maka diperlukan alat untuk mengukur nilai masukan yang dikorbankan untuk menghasilkan keluaran. Oleh sebab itu digunakan sistem akuntansi biaya yang berfungsi untuk mengukur pengorbanan nilai masukan tersebut guna menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi manajemen, yang salah satu manfaatnya adalah untuk mengukur apakah kegiatan usahanya menghasilkan laba atau sisa hasil usaha tersebut.
Akuntansi biaya juga menghasilkan informasi biaya yang dapat dipakai oleh manajemen sebagai dasar untuk merencanakan alokasi sumber ekonomi yang dikorbankan untuk menghasilkan keluaran. Tanpa informasi biaya, manajemen tidak memiliki ukuran apakah masukan yang dikorbankan memiliki nilai ekonomi yang lebih rendah daripada nilai keluarannya, sehingga tidak memiliki informasi apakah kegiatan usahanya menghasilkan laba atau sisa hasil usaha yang sangat diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan keberadaan perusahaanya. Begitu juga tanpa informasi biaya, manajemen tidak memiliki dasar untuk mengalokasikan berbagai sumber ekonomi yang dikorbankan dalam menghasilkan sumber ekonomi lain. Akuntansi biaya menyediakan informasi biaya yang memungkinkan manajemen melakukan pengelolaan alokasi berbagai sumber ekonomi untuk menjamin dihasilkannya keluaran yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan nilai masukan yang dikorbankan.

VII.     PENGGOLONGAN BIAYA
Dalam akuntansi biaya, biaya digolongkan menjadi beberapa macam. Umumnya penggolongan biaya ini ditentukan atas dasar tujuan yang hendak dicapai dengan penggolongan tersebut, karena dalam akuntansi biaya dikenal konsep: “different costs for different purpose”. Biaya dapat digolongkan menurut:
1.        Objek pengeluaran.
2.        Fungsi pokok dalam perusahaan.
3.        Hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai.
4.        Perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan.
5.        Jangka waktu manfaat.

A.         Penggolongan Biaya Menurut Objek Pengeluaran
Dalam cara penggolongan ini, nama objek pengeluaran merupakan dasar penggolongan biaya. Misalnya nama objek pengeluaran adalah bahan bakar, maka semua pengeluaran yang berhubungan dengan bahan bakar disebut “biaya bahan bakar”.
Contoh penggolongan biaya atas dasar objek pengeluaran dalam Perusahaan Kertas adalah sebagai berikut: biaya merang, biaya jerami, biaya gaji dan upah, biaya soda, biaya depresiasi mesin, biaya asuransi, biaya bunga, biaya zat warna.
B.       Penggolongan Biaya Menurut Fungsi Pokok Dalam Perusahaan
Dalam perusahaan manufaktur, ada tiga fungsi pokok, yaitu fungsi produksi, fungsi pemasaran, dan fungsi administrasi & umum. Oleh karena itu dalam perusahaan manufaktur, biaya dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok:
1.        Biaya produksi.
merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Contohnya adalah biaya depresiasi mesin dan ekuipmen, biaya bahan baku, biaya bahan penolong, biaya gaji karyawan yang bekerja dalam bagian-bagian, baik yang langsung maupun yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi.
2.        Biaya pemasaran.
merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk. Contohnya adalah biaya iklan, biaya promosi, biaya angkutan dari gudang perusahaan ke gudang pembeli, gaji karyawan bagian-bagian yang melaksanakan kegiatan pemasaran, biaya contoh (sample).
3.        Biaya administrasi dan umum.
merupakan biaya-biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk. Contoh biaya ini adalah biaya gaji karyawan Bagian Keuangan, Akuntansi, Personalia dan Bagian Hubungan Masyarakat, biaya pemeriksaan akuntan, biaya photocopy.

C.      Penggolongan Biaya Menurut Hubungan Biaya Dengan Sesuatu Yang Dibiayai
Dalam hubungan dengan sesuatu yang dibiayai, biaya dapat dikelompokkan menjadi dua golongan:
1.        Biaya Langsung  adalah biaya yang terjadi, yang penyebab satu-satunya adalah karena adanya sesuatu yang dibiayai. Jika sesuatu yang dibiayai tersebut tidak ada, maka biaya langsung ini tidak akan terjadi. Dengan demikian biaya langsung ini akan mudah diidentifikasikan dengan sesuatu yang dibiayai. Biaya langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
2.      Biaya tidak langsung adalah biaya yang terjadinya tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai. Biaya tidak langsung dalam hubungannya dengan produk disebut dengan istilah biaya produksi tidak langsung atau biaya overhead pabrik. Biaya ini tidak mudah diidentifikasikan dengan produk tertentu. Contoh biaya tidak langsung, gaji mandor.

D.  Penggolongan Biaya Menurut Perilakunya dalam Hubungannya dengan Perubahan Volume Aktivitas
Dalam hubungannya dengan perubahan volume aktivitas, biaya dapat digolongkan menjadi:
1.      Biaya variabel
Adalah biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Contoh biaya variabel adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung.
2.      Biaya semivariabel
Adalah biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiayan. Biaya semivariabel mengandung unsur biaya tetap dan unsur biaya variabel.
3.      Biaya semifixed
Adalah biaya yang tetap untuk tingkat volume kegiatan tertentu dan berubah dengan jumlah yang konstan pada volume produksi tertentu.
4.      Biaya tetap
Adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisar volume kegiatan tertentu. Contoh biaya tetap adalah gaji direktur produksi.

E.       Penggolongan Biaya Atas Dasar Jangka Waktu Manfaat
Atas dasar jangka waktu manfaatnya, biaya dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1.      Pengeluaran Modal (capital expenditure)
Adalah biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu periode akuntansi (biasanya periode akuntansi adalah satu tahun kalender). Pengeluaran modal ini pada saat terjadinya dibebankan sebagai kos aktiva, dan dibebankan dalam tahun-tahun yang menikmati manfaatnya dengan cara didepresiasi, diamortisasi atau dideplesi. Contoh pengeluaran modal adalah pengeluaran untuk pembelian aktiva tetap, untuk reparasi besar terhadap aktiva tetap, untuk promosi besar-besaran, dan pengeluaran untuk riset dan pengembangan suatu produk. Karena pengeluaran untuk keperluan tersebut biasanya melibatkan jumlah yang cukup besar dan memiliki manfaat lebih dari satu tahun, maka pada saat pengeluaran tersebut dilakukan, pengorbanan tersebut diperlakukan sebagai pengeluaran modal dan dicatat sebagai kos aktiva (misalnya sebagai kos aktiva tetap atau beban yang ditangguhkan). Periode akuntansi yang menikmati manfaat pengeluaran modal tersebut dibebani sebagian pengeluaran modal tersebut berupa biaya depresiasi, biaya amortisasi, atau biaya deplesi.
2.      Pengeluaran Pendapatan (revenue expenditure)
Adalah biaya yang hanya mempunyai manfaat dalam periode akuntansi terjadinya pengeluaran tersebut. pada saat terjadinya, pengeluaran pendapatan ini dibebankan sebagai biaya dan dipertemukan dengan pendapatan yang diperoleh dari pengeluaran biaya tersebut. contoh pengeluaran pendapatan antara lain adalah biaya iklan, biaya telex, dan biaya tenaga kerja.

VIII.  METODE PENGUMPULAN BIAYA PRODUKSI
Dalam pembuatan produk terdapat dua kelompok biaya yaitu biaya produksi dan biaya non produksi. Biaya produksi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam pengorbanan bahanbaku menjadi produk, sedangkan biaya nonproduksi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan nonproduksi, seperti pemasaran dan kegiatan administrasi dan umum. Biaya produksi akan membentuk kos produksi, yang digunakan untuk menghitung kos produks jadi dan kos produk yang pada akhir periode akuntansi masih dalam proses. Biaya nonproduksi ditambahkan pada kos produksi untuk menghitung total kos produk.
Pengumpulan kos produksi sangat ditentukan oleh cara produksi. Secara garis besar, cara memproduksi produk dapat dibagi menjadi dua macam yaitu:
1.        Produksi atas dasar pesanan
yaitu perusahaan yang berproduksi atas dasar pesanan melaksanakan pengolahan produknya atas dasar pesanan yang diterima dari pihak luar perusahaan ini mengumpulkan biaya produksi dengan menggunakan hanya produk pesanan
2.        Produksi atas dasar massa
yaitu perusahan yang berproduksi berdasarkan produksi massa melaksanakan pengolahan produknya untuk memenuhi persediaan digudang yang umumnya produknya berupa standar. Perusahan ini  mengumpulkan biaya produksinya dengan menggunakan metode harga pokok proses.
Metode penentuan biaya produksi, yaitu cara menghitung unsur – unsur biaya ke dalam kurs produksi , ada 2 pendekatan yaitu :
1.  Full costing, yaitu merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam harga pokok produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan BOP baik yang berprilaku variabel maupun tetap.
2.    Variabel costing, yaitu metode penentuan harga pokok yang hanya memperhitungkan biaya variabel, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan BOP variabel. BOP tetap diperlakukan sebagai biaya produksi tapi dibebankan dalam laporan laba rugi pada periode terjadinya (periode cost). Biaya pemasaran variabel, biaya administrasi variabel (cost produksi) yaitu menggunakan variabel costing.




Mohon maaf, postingan belum di update kembali


Mulyadi, Akuntansi Biaya edisi 5, UPP AMP YPKN, Yogyakarta, 2005
Subarsono, Praktek Akuntansi Biaya, Artikel, Cirebon, 2015










Share:

3 comments:

Admin mengatakan...

Akuntansi biaya dan akuntansi manajemen keduanya adalah dua bagian penting dari akuntansi. Keduanya membutuhkan pengetahuan dasar-dasar akuntansi, menggunakan beberapa teknik atau proses serupa, dan membantu memastikan operasi yang efisien dan efektif dari suatu organisasi.

akuntansi_akuntan mengatakan...

Ulasan yang bagus gan.

Jangan lupa kunjungi situs akuntansi dan bisnis

https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

Xclmedia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

PENGUNJUNG